Faktor-faktor yang mempengaruhi volatilitas cryptocurrency

Image for post
Image for post

Berkat kemajuan dari dunia digital saat ini, para investor kini dapat terhubung dengan nyaman melalui smartphone untuk melacak pergerakan nilai cryptocurrency setiap detik. Ditambah lagi dengan volatilitas nilai cryptocurrency, tidak mengherankan jika para investor terus-menerus mengawasi pergerakannya 24/7.

Mengingat kelebihan dari sifat terdesentralisasi dan open-source, tidak ada keraguan bahwa mata uang digital dan teknologi blockchain akan tetap terus ada. Namun, tidak semua orang dapat menghadapi risiko ketika berhadapan dengan cryptocurrency.

Ketika investor merespon volatilitas jangka pendek yang didorong oleh kecemasan atau keraguan dibanding penilaian objektif dari tren jangka panjang, mereka berpotensi kehilangan kesempatan yang lebih besar. Bayangkan saja histeria ketika Bitcoin jatuh dari US$ 19,000 pada bulan Desember lalu, yang menyebabkan tersebarnya spekulasi dari gelembung cryptocurrency yang meledak.

Memahami beberapa alasan mengapa cryptocurrency jauh lebih tidak stabil dibanding aset lain di pasar dapat membantu investor mengatasi ekspektasi dan membuat strategi investasi yang lebih baik.

Tantangan dalam mengevaluasi nilai

Cryptocurrency kurang memiliki nilai intrinsik yang mampu menghasilkan pendapatan seperti produk atau layanan biasa. Selain itu, karena cryptocurrency merupakan aset yang relatif baru, investor menghadapi tantangan dalam mengevaluasi nilainya melalui model penilaian tradisional. Digunakan sebagai store of value (yaitu disimpan dan ditukar dengan barang dan jasa di masa depan), nilainya langsung sesuai dengan persepsi. Hal ini membuat mereka sangat rentan terhadap sentimen pasar dan penggambaran oleh media.

Keputusan investasi yang tidak diinformasikan

Cryptocurrency sulit dapat diakses oleh ahli keuangan seperti broker atau penasihat keuangan. Tanpa kumpulan investor ahli ini, investor yang kurang berpengalaman berada dalam jumlah yang lebih besar, dan mungkin rentan terhadap pembelian atau penjualan impulsif yang dipengaruhi oleh sedikit pergeseran dalam sentimen pasar. Untuk mengembangkan strategi investasi jangka panjang, para ahli merekomendasikan menjual aset hanya setelah naik atau di luar titik harga yang diinginkan.

Pemegang cryptocurrency yang besar

Volatilitas cryptocurrency juga dipengaruhi oleh investor yang memegang sebagian besar dari total aset digital yang tersedia di crypto-ecosystem. Para investor ini berpotensi menciptakan perubahan besar di dalam pasar pada pembelian aset baru atau likuidasi kepemilikan mereka saat ini.

Model penilaian tradisional belum memadai dalam menjelaskan nilai sebenarnya dari setiap proyek crypto. Hal yang sangat penting untuk investor mendidik diri mereka sendiri atau mempelajari dasar-dasar investasi, termasuk teknologi yang terkait. Memupuk inovasi sebagai bagian dari komunitas dalam kripto-ekosistem membutuhkan kesabaran dan pandangan strategis pada gambaran yang lebih besar, tanpa dipengaruhi oleh sensasi jangka pendek. Berfokus pada fundamental dari setiap proyek blockchain, komunitas dapat bekerja sama untuk membangun dunia ini yang lebih adil dan lebih efisien.

TOKENOMY is a digital asset marketplace where users can discover the possibilities and access the applications of cryptocurrencies and blockchain tokens.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store